Sapala Adventure

PENDAKIAN BUKA HANYA MENCARI KESENANGAN MELAIKAN MENGAJARKAN ARTI KEBERSAMAAN ,KESETIAKAWANAN dan PENDAKIAN PENUH DENGAN RINTANGAN,TANTANGAN DAN DIBUTUHKAN PERJUANGAN,KEBERSAMAAN SERTA KEBERANIAN UNTUK MENCAPAI PUNCAK KEJAYAANYA... MY LIFE MY ADVENTURE... http//sangrahanpecintaalam.blogspot.com

Menuju Puncak Tertinggi Jawa ( Gn.Semeru -Malang )

Kali ini Sapala ingin berbagi cerita dan pengalaman kami menuju Puncak Tertinggi Jawa

Perjananan kali ini sudah lama direncanakan sejak akhir Maret setelah kami gagal mendaki Puncak Tertinggi jawa pada tanggal 26-30 Maret 2013 di Pasar Tumpang Malang karna sedang ditutup karna menurut TNBTS sedang cuaca buruk dan banyak pohon tumbang dan badan dan akhirnya pada pada hari itu kami melakuan pendakian Ke Gunung.Arjuna -Welirang via Pintu Tretes Perbatasan Malang Mojokerto,
" Cerita Pendakian Gn.Arjuno klik aja disini "

Perjalanan yang ingin saya ceritakan bukalanlah pendakian yang Gagal seperti tanggal 26-30 Maret 2013,
Perjalanan tanggal 5-9 Juni 2013
Perjalanan kali ini dimulai dari Jakarta menuju Malang
H-20 Rombongan Sapala sudah mengantongi Tiket Mejuju Malang maupun baliknua dan Persetujauan pendakian dari Tnbts 3 Tiket Matarmaja 1 Tiket Gajahyana dan Pulangnya 4 Tiket Majapahit
singkat cerita H-3 mendadak yang semula ber-4 salah satu teman kami tidak bisa ikut yang mengunakan kereta Gajahyana ga tau alasannya dan apa sebabnya katanya si cutinya ga di Acc tanggal 8 nya kerja KATANYA...!!!
dan halhasil kami pun tinggal Ber-3, dengan kesepakatan dan tekat yang kuat kami ber-3 sepakat tetap jalan menuju malang, dan salah satu anggota Sapala memang memiliki teman yang agak banyak dia mengajak salah satu temanya dan sepertinya memang sudah direncanakan temanya ikut karna dia sudah memiliki tiket Kereta matarmaja tanggal yang sama dan gerbong yang sama halhasil kami tetap ber-4 menuju malang dan janjian untuk ketemu di Stasiun Pasar Senen.
H-1  Semua bergegas untuk PACKING, 2 orang packing di Rumahnya di Sanggrahan, 1 PACKING di Durikepa dan 1 PACKING di Bekasi, tetapi nanti sesuai rencana kita packing ulang lagi nanti bareng di Pasar Tumpang Malang karna yang kita PACKING hanyalah barang-barang Pribadi seperti ( Sepatu,Baju,Celana,SleepingBag,Sendal,dan barang" Pribadi lainya seta makanan-makanan tambahan seperti cemilan dsbnya ).
karna sesuai rencana makanan-makanan Pokoknya kita beli di Pasar Tumpang yang bertujuan agar tak terlalu bnyak beban.
Singakat Cerita

Rabu tanggal 5 Juni 2013

dimana ini adalah Hari H perjalanan menuju malang ini dimulai tetapi disini banyaklah kendala
dimana salah satu teman kami belum mendapatkan cuti pada hari tersebut halhasil dia ijin pulang jam 12 siang setlah makan siang dan meminta carielnya dibawakan dan nanti bertemu diStasiun Pasar Senen jam 11.00 dua orang sudah menuju Stasius Pasar Senen dengan 3 cariel karna salah satunya msh bekerja di Kantor dan Pulang Kantor jam 12.00 setelah mkan siang.
Jam 12.00 sampai di Stasiun Pasar senen dan menunggu teman yang masih bekerja dikantornya pdahal udh hari H masih aja kerja mungkin itulah pendapat" yang mungkin dipikirkan kedua orang yang menunggu.
Jam 13.00 teman kami pun belum datang dan ditlpn katanya masih di Kantor.,
Wadawwww padahal kereta 13.45 sudah berangat tetapi jam 13.00 belum datang, jam 13.30 pun teman yang ditunggu-tunggu blm datang 15 menit lagi kereta jalan akhirnya 2 orang yang menunggu pun sudah memikirkan untuk masuk ke Kereta duluan dan berfikir dia tak akan datang Ontime karna masih di kantor jam 13.35 akhirnya teman yang ditunggu-tunggu datang dan cerita katanya Macet banget dan jam Satu aja masih blm keluar kantor karna lagi metting itulah alasannya datang telat,
akhirnya Kami ber-3 masuk ke dalam antrian loket masuk kereta dan setelah masuk persis keluar pintu masuk teman yang dari bekasipun sudah berada didalam dan akhirnya kamipun Lengkap ber-4 menunggu sekitar 5 menit

kami masuk kedalam kereta Matarmaja menaruh Cariel dan ga lama setelah kami masuk ber 4 kira-kira 5 menit keretapun jalan menuju KOTA MALANG lettssssss Gooooooooooooooooooo......!!!
ehh iya lupa banyak juga lohh pendaki-pedaki yang tertinggal kereta pas kereta kami jalan dan teman-teman yang sudah naik kereta memangil-mangil dan bersuara Ayo cepetan Naik..Naik...
dan karna kereta sudah tertutup pintunya banyak pendaki-pendaki yang tertinggal kereta..
Aduhh sedihnya untung teman kami Ontime 5 menit sblm kereta jalan coba kalau telat juga pasti senasib deh.
kereta pun jalan kwong..kwong...gujes..gujes....Meuju Timurnya Pulau Jawa.
Suasana keretapun Ramai Lancar Padat Merayap hahaha kaya laporan Bribtu Ida Lestari dari NMC Polri tentang jalur lalu lintas hehehehe dan  hampir 70% Kereta di Dominasi Pendaki-Pendaki yang Menuju Gn.Semeru 10% nya ke Gunung Merbabu Magelang, Sejam kemudian seperti biasa  yang biasanya Rapi Penumpang-penumpangnya mendadak jreng..jreng... Berubah menjadi Tukang dagang hahahaha...
Tapi Salut sama tukang-tukang dagang yang tetap berani berjualan dikereta demi mencari nafkah dan salut juga tehnih penjualannya mereka-merka Terutama Tukang-Tukang Nasi,Oleh-Oleh Makanan dan Cemilan yang bersuara-bersura Khas dengan suara sesuai yang didagangnya.

Diperjalanan banyak hal yang dapat kami ambil sebagai pelajaran yang mumpuni untuk kedepan.Banyak cerita yang tak pernah habis untuk di ceritakan, banyak hal yang kami anggap sebagai hal yang seru, lucu, juga bahkan jenuh alias bosannya.Semua itu ada dalam sebuah perjalanan yang panjang dan banyak hal lainnya yang ga bisa kami ceritakan disini semua dan
betenya..Kita semua pasti tau perjalanan di kereta selama+ 19 jam dari Jakarta-malang itu lumayan bikin kita capek. Mengapa demikian, ya karena selama perjalanan kita Cuma bisa duduk, kalopun mau tidur ya Cuma orang beruntung aja yang dapet bangku kosong trus bisa dibuat tidur deh.Kalo ini kita bangku pas2an.Bayangin gimana pegelnya dari ujung rambut, pinggul, bokong hingga ujung kaki, terutama bokong yang tipis membuat kita jadi gembor. :D. belum lagi di saat jam2 sepi seperti jam 12 malam hingga jam 5 subuh. Itu suasana sepi banget dan belum lagi bete karana ga ada temen yang bisa diajak buat ngobrol. Bayangin 5 jam kita bengong bin melongo kaya batu. Ya itu sih buat orang yang terbangun ketika jam segitu. Ya yg lain sih asik2 aja kalo pada tidur mah. Ya Cuma walaupun tidur pun tak senyenyak dikasur kamar kita sendiri. ( “ yaiyalah bayar naik Kereta Ekonomi aja mau yang tidurnya nyenyak” ). Akan tetapi biar bagaimanapun rasa bete itu tergantikan kok dengan seru2an dan juga lucu2annya.

Tanggal 6 Juni 2013

tepatnya pukul 08.30 WIB kami tiba distasiun pemberhentian terakhir di Malang, kami sedikit menghela nafas karena lega telah sampai di Malang dengan selamat.Terasa perbedaan yang mincolok antara stasiun2 yang ada dijakarta, salah satunya adalah tentang udara. Di stasiun Malang terasa nafas menjadi legah karena udara yang masih bersih, tak ayalnya seperti di kota Jakarta yang penuh dengan polusi yang menyengat hidung. Dengan rasa semangat ditambah penasaran yang bergelora kami bergegas mencari angkutan umum untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan kami menuju Tumpang dan kami menelpon salah satu orang mobil chateran yang biasa sapala gunakan di malang menuju Tumpang dan setelah ditelpon mendadak mobil yang biasa hati itu lagi tidak narik penumpang karna beliau ada diluar kota itulah alasannya ketika ditelpon, akhirnya kami mencari alternatif lain ga ada Rotan Akarpun Jadi mungkin itulah pepatah yang tepat untuk kondisi ini,
cari..cari..cari akhirnya dapat mobil yang mau mengantarkan kami ke Tumpang tanpa basa basi tanpa makan tanpa istirahat mungkin rombongan kami yang pertama menuju Tupang karna ingin makan dan istirahat disana serta membeli kebutuhan pkoknya di Alfamart Tupang di situlah biasanya pendaki-pendaki membeli kebutuhan mkanan dan barang lainya.
Sejam kemudian kami ber4 sampai di tumpang dan Belanja di Alfamart asal ambil ambil tanpa melihat harga jreng..jrenggg Total Rp.220.145,- Busettt dahhh Banyak juga belanjanya hahahaha udah kaya orang kaya aja dah hari itu padahal klo di inget-inget cuma belanja
( Indomie,Sarden,Saus,Bluben,Bumbu,Sikat Gigi,Gula,Garam,Mecin,Baterai,Coklat,Cemilat,Roti Tawar,Roti Isi dll supa saya pokoknya Total 200ribuan Lebih Mantapp dah hahahah)
Setelah belanja di Alfamart 2 orang packing belanjaan di Alfamart dan dua orang  lanjut belanja di Pasarnya Tumpang Untuk membeli Beras 1,5 Liter (ehh iya ditumpang ga pake liter lohhh klo beri beras tapi ngomongnya 1 kg hahah ada" aja ), dipasar tersebut kami membeli ( Sayur untuk Sop didalamnya : Kol,Tomat,Kentang,Daun Slaidri,Wortel ) dan ga lupa juga membeli Cabai,Bawang Putih dan Merah,Jahe,Lengkuas dan Bumbu" lainya) serta Minyak,Kecap.
Selesai berbelanja kami langsung balik ke tempat kami menaruh cariel,
Setelah barang belanjaan masuk kedalam cariel semua ga lupa juga kami menyiapkan persyaratan"an pendakian dan untuk di copy terlebih dahulu di persyaratannya tersebut berisi :
1. Fotocopy KTP masing" 2 lembar

2. Surat Keterangan Sehat Masing 2
3. Materai

4. Bukti Booking yang disetujui pihak TNBTS yang dikirim email

Setelah belanja selesai urusan administrasi slesai kami langsung mencari Jeep dan Bertemu Jeep
yang dlu kami pakai dibulan maret yaitu jeep pak MUL namanya.
kami DP jeep agar tak di charter orang Cariel naik untuk di ikat kamipun
segera naik dan sebelum jalan ada telpon bahwa ada yang ingin bareng dan msh diperjalanan menuju tumpang minta agar bareng ya sudahlah nunggu lagi tik..tok..tik..tok.. ga dateng" lama bngt yaaa....
dan setelah stgh jam menunggu akhirnya dateng juga 4 orang teman anggota kami yang ga ikut yang tadi diceritakan mau naik Gajahyana, dan tidak lama ada 4 orang lagi ingin gabung dan joint untuk naik jeep bareng akhirnya jeep semula 4 orang menjadi 12 Orang dan ada lagi yang mau bareng tetapi kami tolak karna takut kesempitan karana jalan menuju Pos Ranupane memakan waktu -+2 Jam dan jalanya yang agak rusak akhirnya kami putuskan 12 orang STOP ga nerima lagi.
naik..naik..naik..
Tas Naik Orang Naik Jeep Pun siap mengantarkan kami menuju Pos Ranupane
Setengah jam Melewati Kota Malang Kami Masuk di Kawasan Kebun Kebun Apel,Tebu,Jagung dll
yang dimiliki Warga Setegah jam Kemudian Perjalanan Kami masuk dikawasan Hutan" dan Lembahan, trus jalan tanpa Henti Kami Masuk di Kawasan

TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU
setelah masuk kawasan TNBTS sebelah kiri kami dimanjakan oleh pemandangan" Indah Bukit-Bukit Gunung Bromo Ladang" Savana Bukit Teletabis yang menuju Wisata gunung bromo lanjut jalan

Pemandangan yang indah tak henti"nya memanjakan kami dan bersyukur telah menyaksikan dengan nyata keindahaan alam Indonesia Semakin Bersyukur semakin indah Indonesia ini.
I LOVE U INDONESIA KAMI CINTA NEGERI INI....

Ini nih Pemandangan Menuju Pos Ranupane

Dua Jam tak terasa akhirnya kami sampai di Desa Ranupane, Istirahat Bentar Kira Isi Air-air di Drigen Packing lagi dan taklupa Sholat Dhuzur karana waktu menunjukan pukul
12.15, setelah Sholat selesai kami jalan menuju Pos Pendaftaran untuk mengisi Formulir-formulir dan menyerahkan dokumen" untuk memenuhi administrasi

15 menit pendaftaran selesai karna antri jadi lama.
kami mulai Pendakian Jam 13.30 Berdoa Demi keselamatan kita masing-masing semoga pendakiannya lancar selamat sampai tujuan ga ada kendala dalam perjalanan Amin..
Berdoa Dimulai...

Berjalan 15 menit dari Pos Pendaftaran Plang
SELAMAT DATANG
Para Pendaki Gunung Semeru
kami berfoto" sebentar lanjut menuju Ranukumbolo karna Target kami langsung Sampai dan Camp di Ranukumbolo Surganya Pendakian Gunung Semeru.

Setelah 4,5 Jam Kami Berjalan Kami Sampai di RANUKUMBOLO tepat pukul
17.45 WIT telihat dari kejauhan Ranukumbolo dan Tenyata setelah terlihat 1 jam lagi berjalan sampai di Pos tempat Camp alamaaa ternyata turun gunung cape juga karna jauh dan muter agar sampe pos ranukumbolo
ini nih fotonya Ranukumbolo dari atas.

Jam Setengah 7 malam kami sampai di Pos Ranukumbolo dan langit sudah gelap Dingin yang menusuk" badan segera kami membuka tenda untuk beristirahat sertam masak" dan Makan Jam 8-9 malam masih asik ngobrol dah menikmati suasana malam diRanukumbolo yang Teang oleh sinar bulan pkokoke INDAHHH bngt langitnya dan dingin bngt cuacana MANTAPPPPPPPP....

Tanggal 7 Juni 2013
Kami Terbangun oleh suasana keramaian dan aktifitas orang memasak dan ngobrol" dilihat ternyata Pukul
5 orang ramai ambil foto" di depan tenda kami karna kami tempat kami camp tepat di tengah" dan dipingiran Danau disinilah tempat yang paling Indah untuk foto ga percaya liat nih foto"nya tenda kitalah yang paling Perfek tempatnya karna Sampai duluan di Ranukumbolo dan ga ada yg berani camp dipinggiran danau.
Setelah kami foto" di pagi hari kami masak" dan menu Hari Pagi ini
Nasi + Sayur Shop+Baso +Tempe OrekTeri Pedas Mantappp....

Masak selesai makan selesai kami Pacing dan Mengulung Tenda Untuk Lanjut Menuju Pos Kalimati sebelum berangkat kami berfoto-foto lagi di depan danau ini nih foto"nya

selesai foto kami berangkat untuk meninggalkan Ranukumbolo berat rasanya meninggalkan Ranu Kumbolo, Bukan hanya karena keindahan Ranu yang susah untuk dilupakan, tapi karena medan yang sagnat berat. Di depan, kami harus melalui tanjakan yang kerap di sebut sebagai Tanjakan Cinta. Tanjakan ini sangat curam. Untungnya, pada saat itu tidak hujan, jadi jalanan tidak licin.
ini nih yang penasaran sama foto-foto
"TANJAKAN CINTA "

Bagi para pendaki, tanjakan ini sangat terkenal. Pun demikian di novel dan film 5cm. Konon di sini barang siapa yang pada saat menanjak dan ada yang memanggil dari belakang dia menoleh, maka jodohnya akan jauh. Sebaliknya, jika berhasil menanjak sembari memikirkan si dia, maka orang itu akan berhasil meraih cintanya, saat naik Tanjakan cinta aneh entah mengapa bnyak orang-orang memanggil dari belakang agar ngengok kebelakang karna kayaknya kami fokus sama tujuan utama kami 2 orang pun tak menengok/menoleh kebelakang trus maju tanpa melihat belakang akhirnya sampai di Atas bukit Tanjakan Cinta dan didepan Sudah terlihat Puncak Gn.Semeru ini nih fotonya setelah tanjakan cinta

Selepas Tanjakan Cinta, kami dihadapkan dengan pemandangan yang sangat indah dari Oro-oro Ombo. Tempat ini merupakan sebuah savana yang menurut kami disinilah yang tepat untuk kata" Hidup Ini Indah ya ya bner disinilah terbukti  Ladang Lavender yang berwarna Ungu bercampur Hijau langit yang Biru dan Pemandangan Bukit yang Indah dan Hijau...
inilah Surganya bagi Kami

Melewati Oro-oro Ombo, perjalanan berikutnya adalah menuju Cemoro Kandang. Di sini, pemandangan yang ditemui seperti sebuah lagu anak-anak.
Naik-naik ke puncak gunung, tinggi-tinggi sekali.
Kiri kanan, ku lihat saja, banyak pohon cemara. :D
Jalanan juga masih nggak terlalu curam. Kecuali sebuah area sebelum Jambangan. Tak heran saya pun kerap beristirahat di tengah jalan. Namun, di Jambangan, untungnya jalanan seperti pada Oro-oro Ombo.

Jambangan memang sebuah savana. Jadi, perjalanan cukup santai. Dari situ, berikutnya adalah tujuan sementara kami, yakni Kalimati. Di sini, kami akan beristirahat sebelum melakukan pendakian ke Puncak Mahameru.Sebenarnya ada tempat beristirahat lain selain Kalimati. Tempat tersebut adalah Arcopodo. Tapi, karena disini tempat nya ada pos dan tempat favoritt para pendaki maka kami membuat camp di Kalimati
Tepat Pukul 14.00 WIT
Kami Sampai di Pos KALIMATI

Sesampainya di lokasi camp kami istirahat 10 menit dan langsung membuka Tenda Camp untuk Kami  beristirahat di dalam tenda sembari makan. Dan, menurut rencana, pendakian ke puncak akan dilakukan pada jam 12 malam. Kenapa jam 12? Kurang tau juga sih, tapi kalau menurut pikiran Kami, ya agar sempat liat sunrise. Selain itu, puncak Mahameru sendiri memiliki waktu yang terbatas untuk dikunjungi. Kalau nggak salah, pendaki harus turun dari puncak sebelum pukul 9 siang. Risikonya, bisa keracunan dan udaranya sangat panas.
lanjut kecerita setelah kami membuka tenda dan makan kami segera tidur dan klo yg udah nonton film 5CM pasti tau cuplikan kata"nya inilah kata"nya Kita Nanti Malam Bangun Jam 2 Pagi, dan Dispilinlah yang Bikin Kita Selamat.
nahh lanjut kecerita setelah kami selesai makan dan beres-beres untuk persipan Summit attack Semua kebutuhan untuk summit masuk di Daypack, jam 16:00 Kami segera Tidur jam karna disinilah kita harus tidur dan istirahat karna agar tidak ngantuk dan cape setelah melakukan perjalanan dari ranukumbolo sampai dikalimati ini pos terakhir kami camp sebenernya si ada campt terakhir yaitu Arcopodo tapi karna perhitngan kami karna takut penuh diatas sana dan kecil untuk campt buka tendanya maka kami putuskan camp dikalimati.
zZzzazzzzZzZzZzZzZzZzZzZzZzZz
Kami mulai tidur Suara ngorok gimana ya nulisnya ?? krokkk...krokk..krokk...
ya pkoknya tidur dah...
jam 5sore jam 6 sore jam 7 sore jam 8 malam kami tertidur
dan terbangun jam 21.00 karna adanya suara seseorang yang minta tolong, entah siapa yang berteriak minta tolong kami terbangun dan salah satu teman kami membangunkan kami semua, dan
bertanya Lo denger ga suara minta Tolong ?????
Iya denger ? siapa ya...
ya udh yukk kita tolong karna kami ber 4 mempunyai janji sewaktu kami melakukan pendakian ke gunung arjuno kalau ada orang teriak" minta tolong bagaimanapun caranya kami usahakan untuk menolong
dan akhirnya kami ber 3 keluar tenda mencari suara teriakan itu dari mana asalnya..
dan aneh tapi nyata setelah kami keluar dan menyahut IYA ADA APA??? WOIII lo dimana?
tidak ada lg suara minta tolong akhirnya kami masuk lagi kedalam tenda sampai 2 x kami keluar tenda setelah keluar tetap saja ga ada suara yang minta tolong tapi kalau kami masuk kedalam tenda baru ada suara yang minta tolong, pikiran aneh" puin terjadi dan salah satu teman kami berfikir mungkin ini cuma mau buktiin janji kita doang kali yg punya Janji di ARJUNO, atau halusinasi kita doang gara" punya janji dlu dan akhirnya salah satu teman kami yang tak tahu soal janji arjuno dia masih tidur kami bangunkan bangun..bangun... Iya ada apa sahutnya...
lo denger suara ada yang minta tolong ga ? ternyata teman kamipun mendengar jg berarti memang ada yg minta tolong bukan halusinasi kami ber3 yang sempat mengalami Tragedi Arjuno,
karna teman kami pun mendengarnya jg, akhirnya kami putuskan keluar tenda untuk ke 3 kalinya....
dan setelah keluar kami sahutkan kembali dan berteriak IYA ADA APA ???
WOII DIMANA LO ?
ternyata suara itu memang ada...
kami buru" dan cepat cepat nyari suara tersebut dan berlari dan karna lupa kami balik lagi ke tenda untuk membawa pisau dan Air kalau memang ada yg minta tolong dan ketemu kami kasih air... dan setelah 5 menit kami cari ternyata benar ada yg minta tolong adanya tepat di dekat tulisan KALIMATI  dan sudah banyak orang yg berkumpul akhirnya berfikiran yg minta tolong sudah ditolong orang lain kami balik ketenda dan lanjt tidur jam 22.00 kami lanjut tidur dan hanya sejam kami tidur jam 23.00 kami bangun karna udah ga bisa tidur akhirnya kami Masak" untuk persiapan muncak tepat pukul 23.00 sudah banyak suara keramaian aktifitas orang masak dan bangun untuk Summit, tepat jam 00.00

tanggal 8 Juni 2013 kami strart untuk melakukan perjalanan malam untuk menuju Puncak MAHAMERU...

malam itu sangatlah dingin, aingin berhembus serasa menusuk-nusuk badan kami tapi, tapi kami terap melakuakan perjalanan melihat kanan kiri orang-orang pun sudah siap jalan untuk summit
Kami Berdoa dan Berdoa demi keselamatan kita masing" somoga tidak ada kendala dan lancar sampe puncak dan balik sampai tenda kembali dan sampai rumah amin..
BERDOA di MULAIIIIII
DOA SELESAI
BISMILLAH kami mulai jalan lihat kanan kiri yang sepi dan terang bulan kami berjalan ke arah jalan menuju puncak jalannya pun landai dan ada turunan 1 jam kami berjalan
Kami PUN Sampai di Pos ARCOPODO

pos terakhir sebelum batas vegetasi...
kami istirahat dan duduk sebentar setelah kami berjalan ternyata didepan kami sudah banyak pendaki" yang sudah start dari jam 11 malam gila pikiran kami kami orang yang dluan start muncak kan di 5CM jam 2 paling orang" start jam 1 pikiran kami kamilah yang jam 12 jalan pertama hari itu ternyata tidak...
saat berjalan kami sering kali berpapasan sama pendaki lain...
dan 1 jam kami berjalan tepat jam 02.00 Kami sampai di Batas Vegetasi disini baru terlihat antrian pendaki-pendaki yang sudah ada didepan menuju puncak
ini nihh fotonya...

waduhh kata Kami Rame bner yahhhh.....
Hahh...
tp kami tak putus asa kami tetap jalan dan ini setelah 2 jam saya berjalan tepat pukul 03:00 kami berfoto dan inilah suasana hari itu pendaki" lain yang ada dibawah kami

Tunggu dulu ya ceritanya lagi diketik Admin lg jadi yang sabar ya.......

AMILLIA SURMA said...

G nyangka aslinya seindah itu..
Sukses tuk sapala..
Foto"nya mewakili mata yang tak pernah melihat keindahan alam semeru nyatanya.. x.x

J.Hermawan said...

G. Semeru.., konon sering disebut sebagai tempat bersemayamnya para Dewa.., trek yang lengkap, pemandangan yang begitu indah dengan danau "Ranu Kumbolo" yang eksotik, trek puncak yang menantang... mantap masbro... lanjutkan ceritanya... mampir ya di gubuk / blog saya : www.http://jalurpendakianku.blogspot.com/ - Salam Lestari Persahabatan.

roji said...

ok om makasih komennya nanti saya mampir di blok nya dan klo bisa tuker"an kontak bro nohh nomer saya 08978808461 salam kenal dan salam lestari ya bro teruskan ceritanya jga untuk menginspirasi orang lain.