Sapala Adventure

PENDAKIAN BUKA HANYA MENCARI KESENANGAN MELAIKAN MENGAJARKAN ARTI KEBERSAMAAN ,KESETIAKAWANAN dan PENDAKIAN PENUH DENGAN RINTANGAN,TANTANGAN DAN DIBUTUHKAN PERJUANGAN,KEBERSAMAAN SERTA KEBERANIAN UNTUK MENCAPAI PUNCAK KEJAYAANYA... MY LIFE MY ADVENTURE... http//sangrahanpecintaalam.blogspot.com

Tuesday 3 November 2015

Pentingnya peran Leader dan Sweeper dalam Pendakian

Jalur Gunung Rinjani via Torean

Di dalam pendakian lebih dari 10 orang, ada baiknya pemberlakuan Leader dan Sweeper ini diberlakukan. Fungsinya memastikan keamanan dari rombongan. Leader biasanya bertugas sebagai pemimpin perjalanan, orang terdepan yang melewati jalur. Sedang sweeper adalah kebalikannya, biasanya bertugas sebagai buntutnya, orang yang berada paling belakang dalam rombongan, memastikan keberadaan dari teman yg lain. 
Leader sendiri memiliki beberapa kriteria, antara lain :
1.Kuat Fisik
2.Paham Jalur (sudah pernah ke tempat yang dituju)
3.Mampu Memotivasi
4.Planner yang mudah beradaptasi dengan situasi&kondisi dari perjalanan
5.Mudah menghidupkan suasana
6.Penyabar
7.Pintar
8.Pemberani
9.Berpengetahuan Luas
10.Tanggung Jawabnya Tinggi
11.Memastikan Tidak ada Yang Mendahuluinya
12.Mau Mendengar dan Menerima Masukan


Sedang untuk Sweeper berikut adalah beberapa kriterianya :
1.Extra Sabar
2.Kuat Fisik, jika terjadi sesuatu pada rombongan di belakang, kuat untuk menyusul&memberitahukan rekannya yang berada di depan.
3.Mampu Membaca Situasi Perjalanan
4. Care banget dengan teman2nya
5.Motivator Ulung
6.Mampu Menghidupkan Suasana
7.Memastikan tidak ada orang lain dibelakangnya.
8.Membawa perlengkapan Tenda dsb, agar jika terjadi sesuatu dapat segera ngecamp &melakukan pertolongan pertama.
Sweeper Team 17 gn.Rinjani Hame
Nah sob sebelum berangkat, ada baiknya ketika akan melakukan sebuah perjalanan,kalian mendiskusikan dengan teman seperjalanan.Karena perjalanan bukan hanya soal peralatan atau keindahan alam yg ditemui. Dan sebelum summit,biasakanlah memberi briefing terlebih dahulu, untuk memastikan kelengkapan perjalanan. Dan jangan lupa sebelum melakukan kegiatan apapun,mulailah dengan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Sekian saja informasinya,ada tambahan atau koreksi?monggo ditunggu sharing-sharingnya.

1 comment:

sobat budiasa said...

buka tutup jalur penting buat pertumbuhan vegetasi hutan pegunungan, mari cintai alam dengan memberikan kesempatan pada alam untuk tumbuh