Sapala Adventure

PENDAKIAN BUKA HANYA MENCARI KESENANGAN MELAIKAN MENGAJARKAN ARTI KEBERSAMAAN ,KESETIAKAWANAN dan PENDAKIAN PENUH DENGAN RINTANGAN,TANTANGAN DAN DIBUTUHKAN PERJUANGAN,KEBERSAMAAN SERTA KEBERANIAN UNTUK MENCAPAI PUNCAK KEJAYAANYA... MY LIFE MY ADVENTURE... http//sangrahanpecintaalam.blogspot.com

Monday 29 April 2013

Manajemen Perjalanan Goa Buniayu Sukabumi


Petualangan Sapala kali ini adalah Caving ke Gua Buniayu Sukabumi – Jawa Barat. Gua Buniayu sebuah gua wisata yang cukup terkenal di Sukabumi ini, merupakan salah satu contoh bagaimana sebuah wisata gua dikelola dengan profesional. Gua ini sangat mudah dicapai, setelah sampai di Sukabumi ada bisa langsung menuju ke arah Segaraanten. Setelah sampai di Nyalindung ada akan menemui pertigaan ke arah Nyalindung dan Segaranten, anda harus memilih jalur Segaraanten atau belok kanan. Setelah sekitar 2 km, anda akan sampai belokan tajam kekiri dan di pintu gerbang Gua Buniayu Persis di Belokan dan ada di Sebelah Kanan jadi Liat-liat aja klo ada belokan kekiri tajam dan turunan Pintu Gerbangnya berada disebelah kanan jadi jgn kelewatan yahh,. Dari pintu gerbang masuk sekitar 800 meter dan sampailah di lokasi wisata Gua Buniayu.
Gua ini terletak di Desa Kertangsana Kecamatan Nyalindung di ketinggian sekitar 800 m, cukup tinggi buat sebuah kawasan karst. Di sana juga tersedia akomodasi yang cukup nyaman dan cukup terjangkau buat yang berkantong pas-pasan. Buat yang gak punya alat penelusuran gua, jangan kuatir anda bisa sewa alat lengkap di sana kecuali headlamp yang harus bawa masing masing karna disana tidak termaksud headlaam/alat penerangan. Buat yang suka berpetualang juga tersedia jalur wisata khusus yang harus menuruni tali menggunakan SRT. Jangan ragu, anda akan didampingi oleh guide yang cukup profesional dan meyakinkan.

Gua ini dikelola oleh PERHUTANI dan untuk anda yang berminat bisa langsung datang ke lokasi. Masuk gua ini, anda akan disuguhi pemandangan berbagai ornamen gua yang sangat indah dan juga berbagai jenis hewan yang sangat menarik dari yang kecil sampai kelelawar yang besar.

Di Kawasan Gua Buniayu sudah dibuat saung-saung kecil untuk nginap, sedangkan untuk kapasitas besar ada saung yg bisa menampung -+ 50 orang. WC dan Mushola juga tersedia.
Karna kami hanya ber 5 Kami Menyewa di saung-saung kecil yg ukuranya 4x4 cukup untuk 5-6 orang, tempatnya bersih mewah,cerah dan unik pokoknya Mantepp bngn ga kecewa dah hanya dengan harga Rp.150.000/hari.

Perjalanan kami dimulai dari Jakarta Menuju Sukabumi dan Kumpul di Kampus Jam 27 April 2013 jam 17.00 depan kampus,
Jl. Kimia Cikini Kampus Universitas Bung Karno yang Rencana ada 6 orang ternyata hanya 4 yang datang kami pun tetap berangkat walaupun saya tahu susur goa di Buniayu min 5 orang,lanjut kami menuju basecamp Sapala di Jl.Sanggrahan jakarta Barat.

Kami Pun berangkat dari Basecam Sapala jam 20.00 Menuju Sukabumi menggunakan Motor (edd jarang-jarang loh orang yg ke Sukabumi menggunakan motor Rata-rata semua menggukan Mobil Pribadi/Sewa Mobil/Ngeteng )
PERINGATAN...!!!
bagi yang menggunakan Motor menuju Goa Buniayu diharap hati-hati Karna menurut Warga sekitar Jalur
menuju Goa Buniayu Sangatlah Rawan dan Gelap banyak BEGAL/Bajing Loncat/Merampas Motor itu yang dibilang semua warga sekitar ketika kami nanya jl Arah Mau ke Buniayu disarankan pagi aja deh kecuali banyak rombonganya.
Lanjut kecerita
Kamipun Sampai di Kota Sukabumi Jam 01.00 tanggal 28 April 2013, karna kami belum tahu lokasinya maka disinilah saya tanya tanya warga sekitan yang akhirnya saya tahu bahwa jl.menuju goa buniayu sangatlah Rawan dan Bahaya banyak Begal Motor, akhirnya kami pun tetap jl menuju Jl.Raya Baros lanjut dari kota sukabumi lulus trus ada perempatan pertama Lulus Perempatan Kedua Belok kanan yamg menuju Jl.Sagaraten sekitar 3km Jl.Nyalindung disinilah baru terbukti betapa gelap dan rawanya akhirnya kamipun Takut dan berhenti di Warung Tiga Bersaudara yang masih buka tempatnya luas dan bisa tidur"an dan pemiliknya pun bnyak kasih informasi Jl.Menuju Goa Buniayu.
Kami istirahat sambil nanya-naya soal Begal yang sering diceritakan Warga dan tenyata benar 500 m dari warung tersebut kejadiannya 4 orang motornya diambi..
ihhhhh makin down dan disarankan sama ibu pemilik warung untuk jlan pagian sekitar jam 4 pagi karna sudah bnayk orang kepasar katanya,
cerita-cerita-cerita tak terasa sudah jam 3 saya lihat sudah banyak motor satu dua satu dua berjalan akhirnya kami putuskan jalan kembali karna kami hanya mimiliki waktu sehari saja untuk susur goa,
dengan menyebut Nama ALLAH dan Bismillahirohmanirohim kita lanjut jalan,ternyata benar-benar Gila gelap dan Rawanya pikir saya pantesan banyak begal tempatnya kaya gini,
ga lama saya jalan sekitar 20 menit di lampu merah menuju jl.Terminal (aduh saya lupa terminal aja dah pkoknya ) Kami bertemu anak" motor yg umur sekitar 18-20 tahun akhirnya kami nanya ke dia arah menuju goa Buniayu kemana ya A ?
dia menjawab Ohh masih jauh Sekitar 15 Km
kami shock hahhhhh 15km buset msh jauh bngt Makin takut aja dah jln menuju Goa.akhirnya Anak-anak motor itu ngajak jalan bareng dia hanya 2 motor saja yang ditumpangi berdua satu motornya akhirnya kita bareng menuju jl.nyalindung ga tahu kenapa dari hanya 2 motor temanya tiba" jadi rame setiap jln ketemu teman"nya ngajak jalan bareng klkson 3 kali nambah 1 orang klaksorn lagi nambah satu orang dan seterusnya akhirnya rame menjadi 7 motor kami pun sempat berpikir waduh qo warga sini pada maen tunggu"an ya dan sempat berpikir jg wahh jangan jangan dia" orang lagi nih yang suka BEGAL cos ada motor Plat B aduhh bahaya, dan ternyata dugaan kami salah ternyata anak" motor tersebut anak Baik" setelah ada persimpangan arah Nyalindung kiri Aarah Cikawung Kanan kita berhenti dan anak motor tersebut belok Kekanan dan saya diberitahuan kekiri Arah nyalindung nanti ada terminal lurus aja ada pertigaan di nyalindung ambil arah bawah ke arah Sagaraten 2 km dari petigaan disitu lah goa buniayu itu kata mereka anak" motor akhirnya kami pun berpencar dan saya lanjut kearah nyalindung ga lama akhirnya kita sampai di pertigaan tersebut dan ambil arah sagaraten setlah 15 menit saya sampai di Pintu Gerbang Wisata Buniayu jam 4 pagi saya berhenti sebentar di depan pintu masuk karna Sepi banget dan jelek menuju campnya akhirnya saya telepon Kang.Ucok/Budi dan Kang Ucok Angkat saya bilang kalau saya sudah sampai di Depan Pintu Gerbang bisa dijemput ga dan dia jawab mauk aja 800 meter lagi lokasi basecamp goa buniayu , dalam hati buset kirain udh ga bakal serem"an tapi teryata harus gelap"an lagi dengan jalan yang sangat jelek hadeh parah dah menuju ke basecampnya dan sekitar 15 menit saya sampai di Camp Buniayu nunggu kang ucot setelah 2 menit dia keluar Pertama kali datang kami sudah disambut keramahan Kang Ucok, sambil ngobrol sekaligus perkenalan sambil dipandu ke tempat dimana kita nginap di Saung Cemara Kapasitas 4-5 orang.

Kami istirhat dan Meminta untuk kang ucok membangunkan kami pagi hari karna kami tidur jam 5 pagi takut tidak bangun, karena yang semula Rencana Susur Goanya yang Jam 3 pagi akhirnya Kami Susur Goa yang Jam stgh 8 dan akhirnya karna kami hanya ber4 kami di Gabung Sama Rombongan dari Jakarta 15 orang kata kang Ucok, jam 7 Kang Ucok SMS saya untuk bangun dan siap" untuk memakai seragam standar caving,
ini nih seragamnya dan perengkapanya :

    
jam 8 kami dikumpulkan dilapangan setelah memakai seragam sekalian kami berkenalan dan gabung sama rombongan dari jakarta timur itu yang datang paginya menggunakan angkot

, Tepat Pukul 08.00,
Rombongan yang sekitar 19 orang jalan Menuju Goa Mulut Goa Vertikal ( ehh iya kita langsung menuju GOA MINAT KHUSUS ya GA KE GOA MINAT UMUM DULU KARNA GA ADA WAKTU LAGI )
setelah berjalan 10 menit Sampai di Mulut Goa wawwww Mantap banget dan Extrem banget Masuknya...

Sebelum Masuk Kami Berdoa dan dikasih Arahan Sama Pemandu/guide,
berdoa menurut Agama dan Kepercayaan Masing" dimulai...
Doa selesai..
Pemandu Mengintruksikan Bahwa Sebelum memasuki Goa Siluman ini kita harus ada ritual sebentar dan saya jg kurang paham ritual apa yang simaksud dan tiba selesai...
pemandu kembali mengintruksikan bahwa yang menggunakan Headlamp/lampi kepala Jalan dibelakang Pemandu dan berada didepan sisanya dibelakang yang ga menggunakan headlam akhirnya...
Kami Berempat di Tunjuk untuk yang Paling depan  karna kita saya ber4 membawa headlam jadi depanan deh hahaha
Pemandu yang pertama Turun ke dalam Goa  dan kami siap-siap untuk masuk ke pintu gua vertikal. Sensasi ketegangan pun terasa ketika satu persatu kami mulai turun pertama Adi
Lanjut Roji Lanjut Victor Lanjut Tora dan Rombongan dari jakarta Timur.menggunakan katrol secara vertikal setinggi -+20 meter melalui celah berukuran satu meter menuju chamber di dalam gua yang ternyata cukup luas. Untuk penelusuran gua vertikal ini dan sudah kelihatan Beberapa biota gua terlihat seperti kelelawar, udang, kepiting, jangkrik dan kala cemeti.
Track di dalam gua vertikal ini bervariasi, di dalamnya terdapat aliran sungai, dari yang hanya sedalam mata kaki, betis, sampai kedalaman sepinggang orang dewasa, ada celah ala film 127 hours yang ditempuh dengan cara horizontal dan menumpu pada kaki dan punggung, ada juga dengan
cara climbing ala sanctum, memanjat tebing berlumpur dengan tangga webbing, hingga merangkak di gumpalan lumpur  yang dalam dan lengket sehingga kami harus mengerahkan ekstra tenaga untuk melepaskan diri dari jebakan lumpur. Kamera kami pun perlahan tertutup sama lumpur…hilanglah gairah kami untuk narsis.
Setelah berjibaku menyusuri gua sepanjang 1500 m atau -+ 4 jam, akhirnya kami keluar dari mulut gua.
dengan Penuh Lumpur.
Nunggu Rombongan yang Lainya Keluar Kami Istirahat di depan Pintu Keluar goa duduk-duduk,ngobrol-ngobrol,Foto-Foto, Makan-Makan, dll.
Setlah Semua Keluar Kembali Jalan Menuju Ari Terjun Bibijilan untuk mandi dan Bersih-bersih menghilangkan Lumpur-Lumpur yang berada dibaju dari tempat kita Menuju Air Terjun Cukup Jauh maka Semua Rombongan menggunakan Mobil Bak yang memang sudah disediakan untuk mengankut para Penyusur Goa.

    Keluar Dari Mulut Goa
    Bendera Sapala Tetap Berkibar Walaupun Kotor-Kotoran


Suasana Dalam Gua Setelah Turun Dari Atas


Menuju Mobil angkutan untuk ke Air Tujun Bibijilan

Suasana Didalam Goa

Air Terjun Bibijilan

Mandi-Mandi Mantap dingin dan Bening airnya Like This

Turun dari Mulut Goa

 
Suasana Setelah sampai dan Turun dari atas

Rincian Biaya :
- Biaya masuk Wisata Buniayu Rp.5000,-/orang

- Biaya masuk Goa Khusus Rp.75.000,-/orang


   ( sudah termaksud Pemandu 2
    ,Harnes,Webing,Carabiner,Tali,Waterpark,Helm,Asuransi dan tidak
   termaksud Headlamp/lampu kepala jadi disaranin Bawa Sendiri" ya).
- Biaya Naik Mobil dari keluar goa menuju air terjun Bibijilan Rp.10.000,-
- Biaya Sewa Camp/saung Rp.150.000,./Hari dibagi 4 orang Rp. 37.500,-/orang
Budget Rp 127.500 / orangkalau datang langsung Tanpa Jasa Wisata Seperti saya kemaren

Budget Rp 350.00-450.000 / orang
Biasanya kalau menggunakan Jasa Paket Wisata
jadi kalau mau murah seperti yang diatas datang sendiri aja
dan bandingakan biayanya yg dikeluarkan apabila datang langsung kesana
dengan mengunakan Paket Wisata.

Yang harus di perhatikan
1.Berat badan proporsional yah
2.Bawa baju ganti yang cukup
3.Jaket karena kalau malam cukup dingin disana
4.Peralatan mandi, sholat, dan obat2an Pribadi
5.Bawa SENTER/torch light adalah WAJIB!!
6.Bawa DRY BAG # ini opsional bagi yang bawa kamera
7.Sarung tangan
8. Kalau naik motor hindari Jalan Malam di Jl.Raya Nyalindung Menuju Jl.Sagaraten.

Cara pembayarannya :
1. Telepon dan DP tanda jadi Rp 100.000,-/ datang langsung juga ga apa" bayar langsung disana
2. Sisanya, bisa transfer lunas
** No rekening, dikasih via PM/SMS**
Kontak Daftar:
 - Budi Asli Pemandu disana ( 081563458504 ) atau
 - Kang Ucok (085846203768 )
kemaren saya dengan kang Ucok Sumpah kang Ucok orangnya baik,ramah,tamah,sopan nayambut tamu tuh walaupun malam-malam dia lagi tidur tetap asik pokoknya bershabat bngt dah.

Untuk Pemandu disana orang-orangnya baik,bisa diajak becanda,asik,sabar apapun yang kalian tanya selalu dijawab dan selalu memberi pengetahuan akan nama-nama yang didalam goa,pokoknya pemandu disana wawww bersahabat bngt dan ga akan pernah kecewa dan sayangnya saya lupa untuk pemandu saya yang kemaren siapa namanya.
pokoknya nih fotonya yang kemarin memandu saya dan pemandu paling depan sayangnya pemandu yang dibelakang saya ga ada fotonya jadi saya ga share maaf ya pak.

Siapa yang tahu nama Pemandu ini Tolong yah di Share namanya untuk saya Promosikan ?

Selamat Mencoba dan Selamat Berpetualang
semoga Catatan ini membantu Saudara untuk pergi kesana
MY LIFE MY ADVENTURE


sapala@copyright2013

3 comments:

Unknown said...

Itu Kang Iwan Sob,

Unknown said...

Itu Kang Iwan Sob, orangnya baik banget

roji said...

Ohh ok gan makasih infonya ya: masih ada kah dia skrng? Dulu main ksna 2013 soalnya.